Home » , » Resep dan cara membuat donat kentang

Resep dan cara membuat donat kentang

Donat merupakan salah satu makanan atau kue yang memiliki bentuk bulat dan berlubang ditengahnya, biasanya disukai oleh anak-anak. Namun sebenarnya jika cita rasa donat tersebut nikmat serta empuk pasti buka hanya anak-anak yang menyukainya melainkan remaja dan orang dewasa pun bisa menyukainya. Cara membuat donat yang empuk dan nikmat tergolong mudah sekali apabila Anda memiliki niat untuk membuatnya. Bahan-bahan yang diperlukan juga cukup mudah ditemukan di pasar atau supermarket.

RESEP DONAT KENTANG
Sebagai salah satu makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, dengan khas empuk dan lembutnya. Dengan beragam kreasi bahan, hiasan (topping) dan rasa membuat membuat kue donat kian bervariasi dan kreatif. Berikut kami salin resep donat kentang sederhana praktis yang enak dan lembut. Dengan meluangkan waktu dan sedikit ketekunan, justru dengan membuat donat sendiri tentunya dapat benar-benar menjadi hidangan yang spesial di rumah.

Bahan yang digunakan untuk membuat donat kentang:

  1. 500 gram tepung terigu protein tinggi
  2. 250 gram kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
  3. 50 gram susu bubuk fullcream
  4. 1 bungkus/ 11 gram ragi instant
  5. 100 gram gula halus
  6. 75 gram mentega
  7. ½ sdt garam
  8. 4 butir kuning telur
  9. 100 ml air dingin

Cara untuk membuat donat kentang:

  1. Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, aduk sampai rata.
  2. Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera. Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
  4. Jika ingin berlubang, buat lubang kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
  5. Angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau aneka toping lainnya.
  6. Tiramisu : 50 ml susu segar; 250 gram cokelat masak putih cincang; 2 butir kuning telur; ½ sdt pasta tiramisu; 20 gram coklat bubuk untuk taburan.
  7. Panaskan susu segar dalam panci lalu masukkan cokelat masak cincang, aduk hingga leleh dan tercampur rata. Masukkan kuning telur aduk hingga rata, tambahkan pasta tiramisu. Topping di atas donat, taburi cokelat bubuk.
Itulah sedikit tips mengenai cara membuat donat kentang yang empuk serta nikmat. Apabila Anda sudah mencobanya dirumah pasti Anda akan berkata bahwa membuat donat itu mudah sekali. Apabila Anda sudah berhasil membuatnya dengan baik untuk selanjutnya usahakan agar membuat donat yang unik serta menarik, sehingga buah hati serta keluarga maupun teman dekat Anda bisa menyukai donat buatan Anda.
Posted by: Bingar Hernowo, Informasi Dunia Wanita Bacaan Wanita, Updated at: 3/30/2014

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan....

Makanan Khas