Home » , , » Cara membuat soto bebek

Cara membuat soto bebek

Soto Ayam, Soto Daging sudah biasa di telinga kita, mau yang lain daripada yg lain ? Kali ini saya akan sharing Sajian Cara membuat Soto Bebek, dengan bahan bebek bisa di buat menjadi variasi masakan yang berbeda. Selamat Mencoba.



BAHAN:
  1. ½ ekor (300 g) bebek, potong 2 bagian
  2. 2 sendok makan cuka masak
  3. 1 sendok teh garam
  4. 100 ml minyak untuk menumis
  5. 10 lembar daun jeruk purut
  6. 2 lembar daun salam
  7. 3 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  8. 2 L air
Bumbu halus:
  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 4 jahe
  4. 4 cm kunyit, bakar
  5. 1 sendok teh merica bubuk
  6. 1 sendok teh garam
Pelengkap:
  1. 100 g suun kering, seduh air mendidih
  2. 1 batang seledri, iris halus
  3. 1 sendok makan bawang goreng
  4. 1 buah jeruk nipis
  5. Sambal rawit merah rebus, siap pakai
CARA MEMBUAT:
  1. Lumuri potongan bebek dengan cuka masak dan garam. Diamkan selama 1 jam, sisihkan.
  2. Panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai hingga harum. Angkat. Sisihkan.
  3. Rebus air bersama daging bebek dan bumbu tumis di atas api kecil hingga daging bebek empuk dan matang. Tiriskan daging bebeknya.
  4. Panaskan sisa minyak, goreng potongan bebek rebus hingga berubah warna. Angkat. Suwir-suwir kasar daging bebek. Sisihkan.
  5. Penyajian: Susun suun dan suwiran daging bebek dalam mangkuk saji. Beri taburan daun seledri, bawang goreng, perasan air jeruk nipis, dan sambal.
TIPS Mengolah daging bebek
DAGING bebek memiliki keunikan tersendiri dibandingkan daging unggas lain. Dagingnya lebih liat dan basah, tetapi rasanya gurih. Di Prancis, bebek merupakan hidangan istimewa dan menjadi label masakan yang populer.

Namun, untuk menciptakan hidangan atau masakan dari bebek yang sesuai lezat dan sesuai selera dibutuhkan pengetahuan, pengenalan bahan, serta teknik memasak yang benar. Agar tak salah mengolahnya, baca tip berikut:
  1. Daging bebek memiliki aroma yang lebih amis, sehingga penangannya tentu lebih rumit dibandingkan daging ayam. Terutama untuk mengempukkan dagingnya yang liat serta menghilangkan aroma amis yang menyengat, dibutuhkan waktu dan pengalaman memasak.
  2. Sebelum mengolah daging bebek menjadi masakan tertentu, tangani dulu bulu-bulunya yang dikenal sulit terlepas oleh rendaman air panas sekali pun, sehingga terkadang kita mesti mencabutinya dengan alat penjepit lalu menggarangnya sebentar di atas api. Setelah itu, baru bisa merebusnya dengan air yang lebih banyak biar empuk. Atau dengan melumuri meat tenderizer setelah daging dipotong-potong.
  3. Untuk mengurangi aroma anyir, daging bebek bisa direndam dalam larutan jeruk nipis atau cuka. Ketika memasaknya, campurkanlah bumbu penambah aroma seperti sereh, daun salam, daun jeruk, atau lengkuas.
Dengan cara ini, aroma anyir daging bebek akan hilang sehingga tidak merusak selera penggemar masakan daging bebek.
Posted by: Bingar Hernowo, Informasi Dunia Wanita Bacaan Wanita, Updated at: 1/20/2014

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan....

Makanan Khas